Selasa, 27 November 2012

administrasi bimbingan konseling



ORGANISASI DAN ADMINISTRASI BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH



A. Pengertian Administrasi



Pengertian administrasi menurut etimologi. Berasal dari kata latin ad dan ministrate yang berarti melayani atau membantu, dan memenuhi. Dari kata itu terbentuk kata benda

Rabu, 21 November 2012

membuat blog




LANGKAH PEMBUATAN BLOG

Tulisan ini berdasarkan cara pandang saya melihat teknologi blog yg sekarang lagi tumbuh pesat diminati tidak hanya kalangan awam, tapi juga mulai merambah ke kalangan intelektual dan akademisi. 


1. Apa itu blog?

membuat email


Cara Membuat Email

Bagi yang belum tahu cara membuat atau daftar Email gratis dari Gmail, Silahkan baca tutorial panduan cara buat email Gmail berikut yang dilengkapi gambar pada tiap langkah demi langkah agar mudah dipahami dan dipraktekkan. Membuat Akun email atau mendaftar email Gmail sangat mudah dan bisa cepat dilakukan dalam beberapa menit saja. 

Rabu, 07 November 2012

program kerja bk



PROGRAM KERJA BIMBINGAN DAN KONSELING
MADRASAH TSANAWIYAH MGBK KEMENAG NGANJUK
TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013


BAB I
LANDASAN

LANDASAN HUKUM

1.      Undang-undang No.20 tahun2003:”TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL”
2.      UU RI nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak
3.      Undang-undang N0. 22/2006 tentang Standar Isi  ( KTSP )
4.      Undang-undang No. 23/2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan
5.      Peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan
6.      Rambu-rambu penyelenggaraan bimbingan dan konseling dalam jalur pendidikan formal tahun 2007

LANDASAN RASIONAL
Pendidikan yang hanya melaksanakan bidang administrasi dan instruksional dengan mengabaikan bidang bimbingan dan konseling hanya akan menghasilkan anak didik yang pintar dan trampil dalam aspek akademik, tetapi kurang memiliki kemampuan atau kematangan dalam aspek kepribadian, sehingga terjadi apa yang dinamakan kesombongan intelektual ( intellectual arrogance ). Hal ini sangat tidak diharapkan, kerena tidak sesuai dengan sosok pribadi manusia Indonesia yang dicita-citakan, seperti tercantum dalam tujuan pendidikan nasional ( UU. No. 20 tahun 2003 ) yaitu, (1) beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, (2) berakhlak mulia, (3) memiliki pengetahuan dan ketrampilan, (4) memiliki kesehatan jasmani dan rohani, (5) memiliki kepribadian yang mantap dan mandiri, serta (6) memiliki rasa tanggungjawab kemasyarakatan dan kebangsaan. 

rekapitulasi permasalahan

REKAPITULASI SISWA




MTs MGBK 





kelas                             







semester







tahun pelajaran 









skk peserta didik


STANDAR KOMPETENSI KEMANDIRIAN (SKK)  PESERTA DIDIK
 (SMP/MTs)


NO
Tugas Perkembangan
Kompetensi
Pengenalan
Akomodasi
Tindakan
1
Landasan hidup religius
Mengenal arti dan tujuan ibadah
Berminat mempelajari arti dan tujuan setiap bentuk ibadah
Melakukan berbagai kegiatan ibadah dengan kemauan sendiri
2
Landasan Perilaku Etis
Mengenal alasan perlunya mentaati aturan/norma berprilaku
Memahami keragaman aturan/patokan dalam berperilaku dalam konteks budaya
Bertindak atas pertimbangan diri terhadap norma yang berlaku
3
Kematangan Emosi
Mengenal cara-cara mengekspresikan perasaan secara wajar
Memahami keragaman ekspresi perasaan diri dan orang lain
Mengekspresikan perasaan atas dasar pertimbangan kontekstual
4
Kematangan Intelektual
Mempelajari cara-cara mengambil keputusan dan pemecahan masalah
Menyadari adanya resiko dari pengambilan keputusan
Mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan resiko yang mungkin terjadi
5
Kesadaran Tanggungjawab sosial
Mempelajari cara-cara memperoleh hak dan memenuhi kewajiban dalam lingkungan kehidupan sehari-hari
Menghargai nilai-nilai persahabatan dan keharmonisan dalam kehidupan sehari-hari
Berinteraksi dengan orang lain atas dasar nilai-nilai persahabatan dan keharmonisan hidup
6
Kesadaran Gender
Mengenal peran-peran sosial sebagai laki-laki atau perempuan
Menghargai peranan diri dan orang lain sebagai laki-laki atau perempuan dalm kehidupan sehari-hari
Berinteraksi dengan lain jenis secara kolaboratif dalam memerankan peran jenis
7
Pengembangan Diri
Mengenal kemampuan dan keinginan diri
Menerima keadaan diri secara positif
Menampilkan prilaku yang merefleksikan keragaman diri dalam lingkungannya
8
Perilaku Kewira Usahaan (kemandirian perilaku ekonomis)
Mengenal nilai-nilai perilaku hemat, ulet, sungguh-sungguh, dan kompetitif dalam kehidupan sehari-hari
Menyadari manfaat perilaku hemat, ulet, sungguh-sungguh, dan kompetitif dalam kehidupan sehari-hari
Membiasakan diri hidup hemat, ulet, sungguh-sungguh, dan kompetitif dalam kehidupan sehari-hari
9
Wawasan dan Kesiapan Karier
Mengekspresikan ragam pekerjaan, pendidikan, dan aktivitas dalam kaitan dengan kemampuan diri
Menyadari keragaman nilai dan persyaratan dan aktifitas yang menuntut pemenuhan kemampuan tertentu
Mengidentifikasi ragam alternatif pekerjaan, pendidikan dan aktifitas yang mengandung relevansi dengan kemampuan diri
10
Kematangan dengan teman sebaya
Mempelajari norma-norma pergaulan dengan teman sebaya yang beragam latar belakang
Menyadari keragaman latar belakang teman sebaya yang mendasari pergaulan
Bekerja sama denga teman sebaya yang beragam latar belakangnya.