STANDAR
KOMPETENSI KEMANDIRIAN (SKK) PESERTA DIDIK
(SMP/MTs)
NO
|
Tugas Perkembangan
|
Kompetensi
|
||
Pengenalan
|
Akomodasi
|
Tindakan
|
||
1
|
Landasan hidup religius
|
Mengenal arti dan tujuan ibadah
|
Berminat mempelajari arti dan tujuan setiap bentuk
ibadah
|
Melakukan berbagai kegiatan ibadah dengan kemauan
sendiri
|
2
|
Landasan Perilaku Etis
|
Mengenal alasan perlunya mentaati aturan/norma
berprilaku
|
Memahami keragaman aturan/patokan dalam berperilaku
dalam konteks budaya
|
Bertindak atas pertimbangan diri terhadap norma yang
berlaku
|
3
|
Kematangan Emosi
|
Mengenal cara-cara mengekspresikan perasaan secara
wajar
|
Memahami keragaman ekspresi perasaan diri dan orang
lain
|
Mengekspresikan perasaan atas dasar pertimbangan
kontekstual
|
4
|
Kematangan Intelektual
|
Mempelajari cara-cara mengambil keputusan dan pemecahan
masalah
|
Menyadari adanya resiko dari pengambilan keputusan
|
Mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan resiko
yang mungkin terjadi
|
5
|
Kesadaran Tanggungjawab sosial
|
Mempelajari cara-cara memperoleh hak dan memenuhi
kewajiban dalam lingkungan kehidupan sehari-hari
|
Menghargai nilai-nilai persahabatan dan keharmonisan
dalam kehidupan sehari-hari
|
Berinteraksi dengan orang lain atas dasar nilai-nilai
persahabatan dan keharmonisan hidup
|
6
|
Kesadaran Gender
|
Mengenal peran-peran sosial sebagai laki-laki atau
perempuan
|
Menghargai peranan diri dan orang lain sebagai
laki-laki atau perempuan dalm kehidupan sehari-hari
|
Berinteraksi dengan lain jenis secara kolaboratif dalam
memerankan peran jenis
|
7
|
Pengembangan Diri
|
Mengenal kemampuan dan keinginan diri
|
Menerima keadaan diri secara positif
|
Menampilkan prilaku yang merefleksikan keragaman diri
dalam lingkungannya
|
8
|
Perilaku Kewira Usahaan (kemandirian perilaku ekonomis)
|
Mengenal nilai-nilai perilaku hemat, ulet,
sungguh-sungguh, dan kompetitif dalam kehidupan sehari-hari
|
Menyadari manfaat perilaku hemat, ulet,
sungguh-sungguh, dan kompetitif dalam kehidupan sehari-hari
|
Membiasakan diri hidup hemat, ulet, sungguh-sungguh,
dan kompetitif dalam kehidupan sehari-hari
|
9
|
Wawasan dan Kesiapan Karier
|
Mengekspresikan ragam pekerjaan, pendidikan, dan
aktivitas dalam kaitan dengan kemampuan diri
|
Menyadari keragaman nilai dan persyaratan dan aktifitas
yang menuntut pemenuhan kemampuan tertentu
|
Mengidentifikasi ragam alternatif pekerjaan, pendidikan
dan aktifitas yang mengandung relevansi dengan kemampuan diri
|
10
|
Kematangan dengan teman sebaya
|
Mempelajari norma-norma pergaulan dengan teman sebaya
yang beragam latar belakang
|
Menyadari keragaman latar belakang teman sebaya yang
mendasari pergaulan
|
Bekerja sama denga teman sebaya yang beragam latar
belakangnya.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar